Selamat Datang
image

Bingkai Matahati

02742171999


Berbagi Informasi Berbagi Peluang & Berbagi Kesempatan
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Info Lowongan Kerja
Tips Hari Ini

Minum kopi & teh pahit tiap pagi dapat memperlambat pikun karena kafein pada kopi & teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim yang berpotensi mengurangi kepikunan.

Tips lain selengkapnya

Bisnis Online

Mobil bekas  <mce:script type=

wirausaha online  

 

bisnis invest hemat dan murah

Tell & Share

Tertarik dengan Artikel kami Silahkan klik ini

Tell a Friend

Add to Google

Webstore

  DVD TUTORIAL BIKIN WEB  

          

    

Rahasia sukses Bisnis Online

Berita

Newsletter
Dapatkan Artikel Gratis 

Download Terpopuler

Driver hp  & Komputer

Selengkapnya

 

Lagu-lagu MP3


 

Keringat Manusia Lebih Bau Dibanding Gorila

 

img 

foto: Thinkstock

 

Orang yang bermasalah dengan bau badan jangan diledek baunya mirip gorila, bisa-bisa gorila tersinggung. Diakui atau tidak, penelitian membuktikan bahwa manusia punya bau keringat paling menyengat di antara semua makhluk selain tumbuhan.

Berkat bau keringatnya yang paling menyengat itulah, manusia menjadi mangsa paling menarik bagi berbagai jenis nyamuk penyebar parasit. Akibatnya menusia lebih rentan dibanding binatang untuk terkena penyakit-penyakit bersumber nyamuk seperti malaria dan yellow fever (demam kuning).

Lantas apa yang menyebabkan keringat manusia lebih berbau dibanding binatang?

Penelitian yang dilakukan oleh Renate Smallegange dariWageningen University membuktikan, komposisi keringat manusia didominasi oleh senyawa volatil atau mudah menguap. Di antaranya adalah karbon dioksida, amonia, asam laktat dan 7 senyawa karboksilat.

Bukan itu saja, koloni mikroba yang menghuni permukaan kulit manusia boleh dibilang paling beragam. Beberapa jenis mikroba mampu membuat senyawa yang tidak volatil menjadi volatil (mudah menguap), sehingga bau keringat menjadi semakin menyengat.

Smallegange juga membandingkan komposisi keringat pada manusia dengan keringat pada beberapa spesies binatang. Hasilnya membuktikan, jika sama-sama tidak mandi maka bau keringat manusia sebenarnya paling bau dibanding spesies lain di keluarga binatang.

Jerapah dan ayam misalnya, keringat yang dikeluarkan dari kulit maupun bulunya memiliki komposisi jauh lebih sederhana karena hanya terdiri dari beberapa senyawa karbosilat. Simpanse dan gorila yang dikatakan paling dekat kekerabatannya dengan manusia, komposisi keringatnya juga lebih sederhana.

"Senyawa-senyawa volatil pada keringat manusia diduga kuat menjadi faktor utama yang membuat banyak nyamuk hanya tertarik pada manusia," ungkap Smallegange dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Trends in Parasitology, seperti dikutip dari MSNBC.

Dugaan ini sejalan dengan beberapa penelitian lain yang membuktikan bahwa nyamuk paling tertarik pada bau badan manusia. Salah satunya mengatakan, karbon dioksida yang berasal dari keringat dan pernapasan bisa menarik perhatian nyamuk demam berdarah.

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Fri, 25 Feb 2011 @11:01


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Keywords
Kosakata & Kata Bijak

Kosakata

Eksotika ~ Mempunyai daya tarik yang khas

Elemen ~ Unsur

Selengkapnya

Kata Bijak

Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir Success is a journey, not a destination. ~ Ben Sweetland

Jika kamu menginginkan sesuatu dalam hidup, maka kamu harus bekerja keras. Saya tahu sepakbola ini pekerjaan, tetapi saya sangat mencintainya," tegas Javier "Chicharito" Hernandez (Pesepakbola Manchester United asal Mexico).

Selengkapnya

 


Iklan

 

  Photobucket

Link Sponsor
Etalase

Info Bisnis

Peluang Bisnis

 

 

Peluang Bisnis Pulsa Luar Biasa, Modal Murah Hasil Ratusan Juta, Jadikan HPmu Mesin Uang Otomatis Tanpa Batas      

Tamu Online

Bingkai Matahati

 

PageRank Checker

SLINK
Copyright © 2020 Bingkai Matahati · All Rights Reserved